Tesla Pecat Karyawan yang Review Teknologi Tanpa Sopirnya di Youtube

Tesla
Kantor Tesla. (Foto:Narsum.id/Twitter Tesla)
Tesla
Kantor Tesla. (Foto:Narsum.id/Twitter Tesla)

Narsum.id – Tesla memecat karyawannya lantaran mereview teknologi tanpa sopir di YouTube. Karyawan yang diketahui bernama John Bernal itu, membagikan ulasan tersebut di akun YouTube Al Addict dengan menunjukkan bagaimana cara kerja sistem Full Self Driving Beta perusahaan di berbagai lokasi berbeda di Silicon Valley.

Menyusul pemecatan Bernal, Tesla juga memutus aksesnya ke sistem FSD Beta di kendaraan yang ia miliki secara pribadi, yakni Tesla Model 3 2021. Bernal tetap memiliki FSD yakni perangkat lunak premium bantuan mengemudi Tesla. Namun, teknologi tersebut tak membuat mobilnya otomatis saat ini.

Tesla tidak menuliskan rincian mengapa Bernal dipecat. Namun, Tesla dan perusahaan di Silicon Valley lainnya memang terkenal menumbuhkan budaya kesetiaan. Dalam budaya ini, kritik internal dapat ditoleransi, tetapi kritik di depan umum dipandang tidak setia.

Bernal mulai bekerja di perusahaan milik Elon Musk sebagai spesialis anotasi data pada Agustus 2020 di sebuah kantor di San Mateo, California. Dia diberhentikan pada minggu kedua Februari 2022, setelah pindah tugas sebagai operator uji sistem bantuan pengemudi canggih menurut laporan CNBC.

Baca Juga :   Macron Hadapi Kekhawatiran tentang Olimpiade Paris 2024
Ilustrasi mobil Tesla. (Foto: Pelopor.id/Unsplash)

Bernal membeli Model 3 dengan baterai jarak jauh beberapa bulan setelah dia mulai bekerja di sana. Dia mengambil pengiriman mobil pada 26 Desember 2020. Dia membeli mobil itu sebagian karena Tesla menawarkan karyawan akses gratis ke FSD yang saat itu bernilai $ 8.000. Sebagai gantinya, Karyawan harus setuju memberi perusahaan hak untuk mengumpulkan data kendaraan internal dan eksternal.

Kekagumannya dengan yang dilihatnya sebagai “teknologi yang berpotensi menyelamatkan jiwa”, dia memulai saluran AI Addict di YouTube pada Februari 2021 untuk menunjukkan apa yang dapat dilakukan versi publik FSD Beta. Sebagian besar video di AI Addict menunjukkan Bernal mengemudi di sekitar Silicon Valley dengan seorang teman di Tesla-nya, menggunakan versi terbaru yang dirilis dari perangkat lunak FSD Beta.

Baca Juga :   Hiu Putih Makin Mudah Ditemui di Pantai Timur AS

Bernal tidak sendirian dalam memposting pengalamannya dengan perangkat lunak eksperimental Tesla. Pengguna Tesla FSD Beta lainnya seperti Dirty Tesla, Chuck Cook, Kim Paquette dan banyak lainnya juga meninjau setiap ada rilis baru di saluran mereka. []