JD Logistics Bakal Akuisisi Deppon USD 1,4 Miliar

Ilustrasi logistik. (Foto: Narsum.id/Pixabay)
Ilustrasi logistik. (Foto: Narsum.id/Pixabay)

Narsum.id – JD Logistics Inc. berencana mengakuisisi perusahaan logistik Tiongkok, Deppon Logistics Co. dengan nilai transaksi sekitar 9 miliar yuan atau setara USD 1,42 miliar. Rencananya, biaya pembelian ini akan dipenuhi dari dana dan pembiayaan JD Logistics sendiri.

Harga pembelian ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk pendapatan Deppon, kinerja perdagangan sahamnya dan manfaat strategis jangka panjang dari transaksi ini.

Strategi akuisisi ini dilakukan seiring dengan rencana cabang pengiriman dari raksasa e-commerce Tiongkok, JD.com yang berusaha meningkatkan infrastruktur jaringannya di negara Tirai Bambu.

Melansir Bloomberg, dalam kesepakatan itu, JD Logistics akan meluncurkan penawaran umum wajib untuk semua saham Deppon, dengan harga 13,15 yuan per lembar dengan premi 3,9% hingga harga penutupan terakhir sesuai aturan Tiongkok.

Baca Juga :   Mensos Risma Serahkan Bantuan di Waropen Papua

Sedangkan Deppon menawarkan layanan logistik terintegrasi, termasuk transportasi kurang dari truk, transportasi muatan truk penuh, layanan pengiriman dan manajemen pergudangan.

Untuk diketahui, sejumlah perusahaan Tiongkok termasuk JD.com, telah gencar berinvestasi di sektor infrastruktur logistik dan pergudangan, seiring dengan pandemi yang mempercepat peralihan segalanya ke e-commerce.

Tahun lalu, unit manajemen infrastruktur JD Property mengakuisisi saham pengendali di China Logistics Property Holdings Co. dalam kesepakatan senilai 16,4 miliar dolar Hong Kong, atau sekitar USD 2,1 miliar.[]