Perkuat Keamanan Cloud, Google Akuisisi Mandiant USD 5,4 Miliar

Ilustrasi Google. (Foto: Narsum.id/Pixabay)

Narsum.id – Google menggelontorkan dana USD 5,4 miliar untuk mengakuisisi perusahaan keamanan siber, Mandiant Inc. Strategi ini dilakukan untuk memperkuat kualitas produk keamanan internet yang akan mendukung divisi cloud atau bisnis komputasi awan milik Google.

Selain itu, aksi ini juga dilakukan untuk meningkatkan daya saing Google terhadap competitor utamanya, Amazon Web Services dan Microsoft Corp.

Rencananya, Google akan membayar USD 23 per saham dalam kesepakatan tunai. Melansir Bloomberg, setelah proses akuisisi rampung pada akhir tahun ini, Mandiant akan bergerak di bawah bisnis cloud Google.

Membangun bisnis cloud adalah salah satu upaya Google melakukan diversifikasi dari iklan digital, yang telah berkontribusi besar terhadap pendapatan dan keuntungannya. Sejak 2019, Thomas Kurian sebagai pemimpin divisi cloud Google, memang telah gencar mengejar bisnis baru.

Baca Juga :   HKI Jadi Jaminan Kredit Bank, OJK: Selama Memenuhi Kriteria dapat Dipertimbangkan untuk Disetujui

Chief Executive Officer (CEO) Mandiant Kevin Mandia pun berharap kerja sama dengan Google akan memperluas jangkauan dan mengotomatisasi keahlian.

“Yang membuat Mandiant bersemangat tentang kemitraan ini dengan Google adalah kami dapat meningkatkan keahlian dan intel kami di skala Google untuk mengamankan cloud, dan kami juga dapat mengotomatiskan keahlian kami,” kata Mandia.

Hingga saat ini, Mandiant telah memiliki lebih dari 600 konsultan keamanan untuk membantu klien dan 300 analis intelijen.

Sebelumnya, Mandiant dikuasai oleh FireEye Inc sejak 2013. Kemudian, FireEye melepas Mandiant pada tahun lalu kepada sebuah konsorsium yang dipimpin Symphony Technology Group, dengan nilai transaksi sebesar USD 1,2 miliar.[]