Tesla Raih Izin Produksi Mobil Listrik di Jerman

Ilustrasi mobil Tesla. (Foto: Pelopor.id/Unsplash)
Ilustrasi mobil Tesla. (Foto: Pelopor.id/Unsplash)

Narsum.id – Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla Inc. telah meraih persetujuan resmi dari pemerintah negara bagian Brandenburg, Jerman, untuk memulai produksi di pabrik barunya di dekat Berlin.

Namun, persetujuan itu datang dengan syarat Tesla harus memberikan jaminan mengenai penggunaan air dan pengendalian polusi, yang selama ini telah menjadi keluhan utama dari para pencinta lingkungan terhadap pabrik-pabrik di negara itu.

Pabrik Tesla di Jerman akan memainkan peran kunci dalam membantu perusahaan membangun pangsa pasar di Eropa, dengan memungkinkannya menyesuaikan model untuk pelanggan lokal. Produksi lokal juga harus memungkinkan untuk memotong biaya dengan mengurangi kebutuhan pengiriman yang mahal dan menghilangkan bea masuk.

Mengutip Bangkok Post, pabrik tersebut merupakan yang ketiga bagi Tesla, setelah Fremont, California dan Shanghai. Tesla juga berharap bisa segera meresmikan produksi di pabrik barunya di Austin, Texas, Amerika.

Baca Juga :   Sri Lanka Resmi Memilih Ranil Wickremesinghe Sebagai Presiden

Ketika Tesla pertama kali mendekati Brandenburg pada tahun 2019 tentang pembangunan pabrik di dekat Berlin, pemerintah negara bagian itu terkejut dengan seberapa cepat Tesla ingin pabrik tersebut beroperasi.

Untuk mempercepat proses persetujuan yang kompleks, negara mengandalkan undang-undang jalur cepat yang dibuat setelah reunifikasi Jerman untuk menarik investasi. Hal itu memungkinkan Tesla menerima persetujuan awal untuk membangun pabrik secara bertahap, sambil menunggu persetujuan akhir di akhir proses.

Sebenarnya, pembangunan pabrik baru Tesla ini sudah hampir selesai sejak akhir 2021, tetapi baru mendapat persetujuan resmi dari pemerintah negara bagian Brandenburg pada pekan lalu.[]