KemenKopUKM Hadirkan 1.500 Produk UMKM di MotoGP Mandalika

Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam Opening Ceremony UMKM Goes To Mandalika di Gedung SMESCO Jakarta. (Foto:Narsum.id/Kemenkop UKM)
Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam Opening Ceremony UMKM Goes To Mandalika di Gedung SMESCO Jakarta. (Narsum.id/Kemenkop UKM)

 

Narsum.id – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki dalam Opening Ceremony UMKM Goes To Mandalika di Gedung SMESCO Jakarta menegaskan, pihaknya akan menyelenggarakan pameran untuk lebih dari 1.500 produk UMKM unggulan dari 14 Provinsi di dalam Pertamina Mandalika International Street Circuit dalam ajang MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

“Produk yang akan ditampilkan yaitu produk kategori otomotif, merchandise, souvenir, healthy product, serta food and beverages. Dengan semangat kolaborasi dengan berbagai pihak, lebih dari 1.500 UMKM akan menampilkan produknya pada event MotoGP Mandalika,” tuturnya Minggu (06/03/2022).

Menteri Teten juga menyampaikan bahwa pada 2021 lalu, industri otomotif mengalami peningkatan sebesar 17,82%, serta menyerap sekitar 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai industri. Hal ini menunjukkan bahwa demand pasar otomotif masih tinggi. Nah, membaiknya industri otomotif, secara otomatis mampu meningkatkan sektor lainnya termasuk UMKM.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam Opening Ceremony UMKM Goes To Mandalika di Gedung SMESCO Jakarta. (Narsum.id/Kemenkop UKM)

“UMKM merupakan sektor pendukung industri otomotif di antaranya sebagai suplier part atau komponen kendaraan. Sehingga UMKM harus turut serta dalam pertumbuhan industri ini,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pemerintah Dukung Masyarakat Memperoleh Manfaat dari Pariwisata Labuan Bajo

Event MotoGP, Lanjut MenKop UKM, merupakan agenda internasional yang harus dimanfaatkan seluruh pelaku UMKM untuk promosi. Melalui Ajang ini, UMKM Indonesia harus menunjukkan potensinya di kancah internasional, menjadi sarana perluasan produksi, menjaring investasi, serta pengembangan produk yang berkualitas.

“Event Pameran UMKM Otomotif dan Travel ini merupakan rangkaian promosi UMKM dan jasa pariwisata dalam mendukung event MotoGP Mandalika, kita harus menunjukkan produk UMKM kita memiliki kualitas, daya saing dan mampu masuk dalam rantai nilai nasional maupun global,” tegasnya.

MotoGP Mandalika, harus digunakan sebagai ajang promosi bagi produk UMKM, pariwisata dan investasi. MenKop UKM pun menginginkan terwujudnya peta jalan terukur untuk promosi ini agar 10 tahun ke depan dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika, Indonesia dapat menaikkan target industri otomotif termasuk UMKM.

Baca Juga :   Pemerintah Dukung Masyarakat Memperoleh Manfaat dari Pariwisata Labuan Bajo

“MotoGP akan mengangkat industri UMKM dan otomotif. Kita harus punya target terukur. Kalau 10 tahun saya optimis kita bisa menggerakan industri otomotif Indonesia berkelas dunia,” tandasnya.

Adapun acara pre-event MotoGP Mandalika ini, terdiri dari Pameran 60 UKM bidang otomotif dan 40 UKM travel dan lainnya, serta diadakan coaching clinic safety riding oleh IMI (Ikatan Motor Indonesia), atraksi freestyle, pelepasan Team Riders Goes to Mandalika dan lainnya. Kegiatan ini juga akan dihadiri sekitar 1.000 bikers dari berbagai komunitas roda dua serta komunitas otomotif. []