Honda dan Sony Berkolaborasi Kembangkan EV

Ilustrasi logo Honda. (Foto: Narsum.id/Pixabay)
Ilustrasi logo Honda. (Foto: Narsum.id/Pixabay)

Narsum.id – Dua perusahaan Jepang, Sony Corp dan Honda Motor Co telah menyatakan akan membentuk perusahaan patungan atau joint venture. Nantinya, perusahaan patungan itu akan fokus dalam pengembangan dan pemasaran kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), yang ditargetkan bisa mulai menjual model pertamanya pada 2025.

Melansir Nikkei Asia, dalam kolaborasi ini, Honda akan bertanggung jawab memproduksi model pertama, sedangkan Sony mengembangkan platform layanan mobilitas.

Ini bukan pertama kalinya mencuat kabar tentang Sony terjun ke industri kendaraan listrik. Seperti diketahui pada Januari lalu, Chief Executive Officer (CEO) Sony Kenichiro Yoshida telah mengumumkan rencana mendirikan perusahaan baru bernama Sony Mobility.

Yoshida juga menyebutkan bahwa pihaknya sedang menjajaki peluncuran komersial kendaraan listrik. Sony juga menyebutkan tujuan utamanya adalah membangun bisnis yang akan mengubah mobil dari mesin transportasi menjadi ruang hiburan.

Baca Juga :   Pemerintah Dukung Masyarakat Memperoleh Manfaat dari Pariwisata Labuan Bajo

Dalam ekspansi ini, Sony akan mengandalkan teknologi pencitraan dan penginderaan, cloud, 5G dan hiburan yang dikombinasikan dengan penguasaan konten. Sekadar mengingatkan, sebelum terjun ke industri otomotif, Sony sempat mendominasi industri elektronik konsumen yang kemudian tergerus oleh kompetitornya, Samsung Electronics.[]