Pencapaian Marketing Sales Ciputra Development Tahun 2021 Lebihi Target

PT Ciputra Development Tbk (“Perseroan”) mencatatkan total marketing sales sebesar Rp7,4 triliun di tahun 2021, meningkat 35% dibandingkan tahun sebelumnya dan mencapai 127% dari target marketing sales sebesar Rp5,9 triliun. Meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung sepanjang tahun 2021, pencapaian tahun 2021 lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi sebelum Covid-19, yaitu Rp6,1 triliun di tahun 2019.

Keberhasilan ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah program insentif PPN DTP properti yang membantu penjualan stok persediaan dan peluncuran proyek baru. Kontribusi program insentif PPN DTP terhadap total marketing sales mencapai 27%. Sedangkan untuk proyek baru, Perseroan berhasil meluncurkan 3 proyek baru dan 14 cluster baru di proyek eksisting selama tahun 2021. Berdasarkan jenis produk, segmen rumah tapak tetap menjadi produk yang diminati oleh para pembeli dimana segmen tersebut menyumbang 82% dari total marketing sales dengan kenaikan sebesar 22%.

Baca Juga :   Ingin Lihat Komodo? Presiden Sarankan ke Pulau Rinca, Harganya Sama

Berikut merupakan ulasan beberapa proyek Perseroan di tahun 2021:

CitraLand Gama City Medan

Melanjutkan momentum positif dari tahun 2020, CitraLand Gama City Medan kembali menjadi kontributor marketing sales terbesar di tahun 2021 dengan pencapaian sekitar Rp900 miliar. CitraLand Gama City Medan juga berhasil meluncurkan klaster residensial baru yaitu Clarke Quay yang dijual mulai dari harga Rp3,1 miliar. Ke depan, Perseroan berencana untuk mengembangkan lebih lanjut klaster Clarke Quay untuk memenuhi permintaan akan kawasan hunian eksklusif bagi kalangan masyarakat kelas menengah ke atas di Medan.

CitraLand Kota Deli Megapolitan Helvetia

CitraLand Kota Deli Megapolitan Helvetia merupakan proyek baru seluas 7 hektar di Medan, Sumatra Utara. Proyek ini merupakan bagian dari kerja sama operasi berskala besar dengan PT Perkebunan Nusantara II (PTPN II) yang terdiri dari beberapa fase pengembangan. Sebanyak 194 unit rumah dan kavling serta 42 unit ruko terjual habis hanya dalam satu hari pada peluncuran perdana yang dilakukan pada akhir November 2021. Perseroan membukukan marketing sales Rp464 miliar dari peluncuran tersebut.

Baca Juga :   Mahfud MD: Musuh Kita KKB Bukan Rakyat Papua

CitraLand Surabaya

CitraLand Surabaya merupakan salah satu kontributor utama marketing sales Perseroan melalui kesuksesannya dalam menjual unit stok persediaan. Rumah tapak dengan kisaran harga di bawah Rp2 miliar merupakan produk yang paling diminati oleh para pembeli. Hal ini tidak terlepas dari adanya fasilitas PPN DTP yang memberikan keringanan PPN sebesar 100% untuk jenis produk tersebut. Selain itu, sarana dan prasarana yang lengkap dan terintegrasi di dalam kawasan CitraLand Surabaya turut menjadi nilai jual bagi para calon pembeli.

CitraRaya Tangerang

Perseroan terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan rumah dengan harga terjangkau di kawasan Jabodetabek, salah satunya melalui proyek CitraRaya Tangerang. Sepanjang tahun 2021, CitraRaya Tangerang telah meluncurkan 6 klaster rumah baru dengan kisaran harga Rp600 juta sampai dengan Rp1.6 miliar. Peluncuran keenam klaster tersebut mendapatkan respon positif dari para calon pembeli berkat lokasi yang strategis serta kelengkapan fasilitas dan infrastruktur pendukung di kawasan CitraRaya Tangerang.

Baca Juga :   Mahfud MD: Musuh Kita KKB Bukan Rakyat Papua

CitraLand Puncak Tidar Malang

Perseroan meluncurkan sebuah proyek baru seluas 32 hektar dengan yang bernama CitraLand Puncak Tidar Malang. Mengusung konsep “Serenity at the Hill”, proyek ini akan dikembangkan menjadi sebuah kawasan resort premium di perbukitan kota Malang yang mengintegrasikan area hunian eksklusif, fasilitas komersial, dan sarana pendukung lainnya. Pada peluncuran perdana, CitraLand Puncak Tidar Malang menawarkan 163 unit di klaster Blue Aqua dengan harga jual yang berkisar antara Rp1,2 miliar sampai dengan Rp2,5 miliar untuk rumah satu lantai dan Rp2,7 miliar sampai dengan Rp4,6 miliar untuk rumah dua lantai.